Belajar Cara Budidaya Burung Parkit

Belajar Cara Budidaya Burung Parkit

Salah satu daripada jenis burung peliharaan dimana dapat menjadi pilihan ialah burung parkit. Bisa saja anda berpikir bahwa beternak burung parkit merupakan pekerjaan yang sulit. Tapi ternyata apabila kita mengetahui cara yang benar dalam memelihara bung parkit, maka kita dapat membudidayakan burung ini dengan mudah. Hal mendasar dalam budidaya buring parkit ialah memilih bibit unggul. Ini sangatlah penting dalam memilih indukan parkit yang baik. Indukan parkit merupakan bibit unggul yang digabungkan dengan cara beternak yang baik yang akan bisa menghasilkan anakan parkit yang sehat serta bisa  memberikan hasil optimal. 

Apabila anda memilih dalam memperoleh jumlah kuantitas anakan parkit yang banyak, maka garis keturunan burung ini tidaklah perlu diperhatikan. Cara  lebih mudahnya ialah dengan melakukan perjodohan pada kandang yang mempunyai ukuran cukup besar secara masal. Biarkanlah para indukan parkit mencari pasangannya di kandang.

Sebaliknya apabila anda hendak memperoleh burung parkit dengan kualitasnya yang prima, maka yang pertama kali diperhatikan ialah garis keturunan burung. Amati ciri-ciri burung parkit yang anda pilihkan untuk menjadi indukan. Disamping itu sangatlah penting untuk membedakan mana kelamin burung yang hendak anda jadikan indukan. Untuk ciri burung berjenis kelamin jantan ialah adanya warna tonjolan hidung burung parkit jantan. Untuk burung betina, warnanya ada pada tonjolan hidung ini lebih ke warna putih. Untuk postur tubuh, parkit betina dan jantan hampir sama.

Teknik budidaya daripada masing-masing peternak bisa berbeda-beda. anda dapat menyesuaikan sendiri mengenai cara memelihara sesuai dengan tempat budidaya anda. Untuk salah satu trik didalam teknik beternak burung ini ialah dengan memperhatikan tahap pemeliharaan burung yang hendak anda budidayakan. Untuk kondisi kandang burung sangatlah berpengaruh didalam proses ini. Usahakanlah bahwa anda dapat membuat kandang burung yang baik dan nyaman. Kandang yang baik akan mempermudah dalam proses pemeliharaan kesehatan burung sehingga tingkat hidup dan kesehatan burung akan meningkat. Perhatikan pula desain dari kandang burung sehingga kotoran dapat dengan mudah untuk dibersihkan, udara dapat bersirkulasi dengan baik serta sarang tak mudah becek.

Didalam cara beternak, maka pemberian pakan burung parkit merupakan kunci dari keberhasilan. Pilihlah biji-bijian yang segar dan baru. Pastikan pula bahwa biji yang anda kasihkan tak kopong. Umumnya kualitas pakan burung yang baik akan dapat berpengaruh langsung pada warna bulu, bentuk postur burung dan juga kesehatan burung. Sedangkan untuk meningkatkan nutrisi, maka ada saatnya anda dapat memberi sayuran atau pakan  vitamin tambahan pada burung anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *