Cara Budidaya Burung Anis Merah Dengan Mudah

Cara Budidaya Burung Anis Merah Dengan Mudah

Inilah tips dan cara budidaya burung Anis Merah dengan mudah :

  1. Persiapkan 2 Ekor Burung Anis Merah ( betina & jantan )

Untuk pertama kali didalam budidaya burung Anis Merah ialah dengan mempersiapkan pasangan burung Anis Merah yang siap kawin. Untuk umurnya, maka diperlukan yang berumur 1 hingga 2 tahun. Sedangkan untuk betina, minimal berumur 1 tahun.

Untuk tanda-tanda burung Anis Merah telah siap kawin ialah anda bisa melihat ciri-cirinya seperti bunyi burung yang semakin keras dan sambil mengejar sang betina untuk minta dikawini. Sang betina biasanya akan bersiul serta mengepakkan sayap kebawah atau disebut juga dengan “mesawat”, “ngeleper“ atau “mbebek”.

  1. Persiapkan Kandang Burung

Untuk tahap kedua ini, maka anda mesti menyiapkan kandang burung Anis Merah. Menyiapkan kandang bertujuan agar Anis Merah bisa leluasa disaat proses perkawinan. Untuk kandang burung Anis Merah bisa anda beli atau bisa juga membuatnya dengan kayu. Kandang harus dalam keadaan yang nyaman untuk memberikan rasa kenyamanan terhadap burung Anis Merah didalam bertelur.

Disarankan kepada anda agar selalu menggandeng pasangan burung Anis Merah. Ini merupakan tips budidaya Anis Merah yang paling jitu dengan tujuan perkenalan hingga mereka berjodoh. Dan jangan lupa juga memberikan makanan yang bisa mengundang birahi pasangan tersebut seperti cacing dan jangkrik.

Untuk penambahan birahi burung bisa dengan pemberian 20 ekor jangkrik perhari. Sesudah proses pembuatan kandang/sangkar selesai, disarankan tidak memasukan dulu pasangan burung ini kedalam kandang. Lakukan secara perlahan serta masukkan betina terlebih dahulu kedalam kandang.  Dimana hal ini bertujuan supaya betina bisa beradaptasi dengan mudah.

  1. Perhatikan Tingkah Laku

Untuk selanjutnya jangan lupa memberikan perhatian khusus terhadap tingkah laku pasangan tersebut. Kemudian anda lihat, apakah telah memiliki hasrat birahi ataukah belum ? apabila salah satunya belum mempunyai hasrat birahi, maka disarankan agar tidak disatukan terlebih dulu ke dalam kandang. Karena hal ini bisa menyebabkan perkelahian serta bisa menimbukan stres terhadap burung.

Apabila pasangan tersebut memiliki hasrat birahi, maka langkah anda ialah untuk segera menyatukan pasangan burung tersebut kedalam kandang  ternak yang telah disediakan sebelumnya.

Itulah cara budidaya burung  Anis Merah yang mudah, baik dan benar agar sukses serta berhasil. Jika anda mengiginkan beternak dalam jumlah banyak, maka gunakan tenaga tambahan yang mengerti cara merawat burung Anis Merah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *