Cara Budidaya Burung Kenari

Cara Budidaya Burung Kenari

Berikut adalah beberapa teknik beternak burung kenari yang mesti anda perhatikan :

Pembibitan

Disaat anda hendak melakukan pembibitan kenari, pilihlah burung kenari siap ternak. Umur burung kenari yang siap ternak adalah minimal 8 bulan untuk jantan, dan 6 bulan untuk kenari betina. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada penjual bibit burung dan pastikanlah bahwa penjual burung tersebut jujur pada anda.

Persiapan Kandang

Kini anda tak sekedar memelihara burung kenari, tapi juga membudidayakannya. Disaat  anda akan mendatangkan jumlah bibit burung kenari yang banyak. Maka penyiapan dan perawatan pada kandang harus benar-benar anda perhatikan.

  1. Kandang kenari harus bebas dari hewan pengganggu, yakni tikus, ular, semut dan sebagainya.
  2. Kandang mesti bersih, juga terkena sinar matahari di pagi hari.
  3. Kandang bisa menampung burung kenari serta makanannya dengan lapang.
  4. Kandang harus awet, tak mudah rusak atau dimakan rayap. Pilihlah kandang aluminium agar awet dan tahan lama.

Menjodohkan Burung Kenari

Untuk proses penjodohan kenari tak bisa dihitung dengan pasti. Dimana hal ini sangat tergantung ketepatan anda didalam memasangkan si jantan dan betina. Ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan :

  1. Usahakanlah untuk mendekatkan posisi kandang jantan dan betina disaat proses penjodohan. Jangan dijadikan langsung menjadi satu kandang dikarenakan mereka dapat saja saling berkelahi satu sama lain.
  2. Usahakanlah untuk memasangkan kedua burung kenari dimana saja, yakni saat dijemur supaya mereka jadi semakin akrab.
  3. Untuk penjodohan ini bisa anda lakukan di sore hari yang pada akhirnya mereka bisa saling mengakrabkan diri di malam hari dan pagi harinya mereka sudah siap kawin.

Nah, untuk mengetahui apakah burung kenari anda telah siap kawin, maka bisa anda perhatikan cirinya seperti misalnya kedua burung kenari saling melolohkan makanan, sang jantan akan menabrakkan dirinya pada tepian kandang, sedangkan si betina mulai memasang ‘posisi’ siap dikawini, dimana sebelumnya sudah menyiapkan sarangnya.

Cara mengkawinkan burung kenari

Untuk mengkawinkan burung kenari bisa anda lakukan dengan cara memindahkan sang jantan menuju sarang betina. Agar mempercepat prosesnya, maka anda bisa meningkatkan ‘stamina’ sang jantan dengan memberikan berbagai nutrisi yang berprotein tinggi seperti misalnya toge dan telur puyuh. Awasi peranakan yang dihasilkan karena biasanya akan menjadi sasaran empuk pada semut atau tikus.

Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *