Cara Budidaya Kelengkeng Di Pot

Cara Budidaya Kelengkeng Di Pot

Salah satu dari kelebihan buah lengkeng jika dibandingkan dengan pohon buah lainnya ialah dapat ditanam menggunakan media pot. Kali ini Pasadena akan coba menerangkan beberapa hal yang mesti anda perhatikan didalam cara menanam buah lengkeng didalam pot:

Media pot yang digunakan untuk menanam buah lengkeng biasanya terbuat dari bahan dasar plastik, drum ataupun semen. Besarnya pot yang biasa digunakan harus disesuaikan dengan bibit yang hendak ditanam. Jika bibit buah lengkeng yang hendak anda tanam mempunyai tinggi 35 cm, maka anda dapat menggunakan media pot yang mempunyai diameter 45 cm. Semakin tingginya bibit lengkeng maka harus semakin besar juga diameter pot yang hendak digunakan. Apapun jenis media pot yang anda pakai, maka yang harus diperhatikan ialah lubang yang mesti ada didasar pot.

  1. Persiapan media tanam 

Untuk langkah awal, anda dapat menggunakan campuran dari tanah, sekam, pasir dan pupuk kandang dimana perbandingannya adalah 1:1:1:2. Sedangkan untuk pupuk kandang sendiri, maka anda dapat menggunakan kotoran dari kambing ataupun domba yang mengandung berbagai unsur fosfor cukup tinggi.

  1. Mempersiapkan media pot 

Disamping pecahan genting, maka anda dapat juga menggunakan sterofoam dengan cara diletakkan didasar media pot sebelum dimasukkan media tanamnya. Fungsi daripada sterofoam atau pecahan genting ini ialah untuk membuat satu celah antara media tanamnya serta lubang yang ada pada dasar pot supaya lubang tidaklah tertutup sehingga penyiraman air ke tanaman nantinya dapat langsung keluar serta tidak menggenang karena penggenangan air ini dapat menyebabkan akarnya menjadi busuk dan juga perkembangan atau pertumbuhan lengkeng dapat terganggu.

  1. Cara menanam 

Sesudah media tanam telah dimasukkan, maka anda dapat membuat lubang untuk bisa memudahkan anda didalam menanam bibit buah lengkeng nantinya.

Itulah beberapa cara dari menanam buah lengkeng yang dapat anda jadikan panduan bila ingin mencoba menanam buah lengkeng di pekarangan atau halaman rumah menggunakan pot. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *