Cara Menanam Singkong Yang Benar

Cara Menanam Singkong Yang Benar

Dalam artikel kali ini, Pasadena akan mencoba memberikan tips atau cara bagaimana menanam singkong secara baik dan benar. Melalui pengetahuan dan persiapan yang benar mengenai singkong yang ditanam, kemudian ditambah dengan kesabaran dan ketekunan anda didalam merawatnya, maka tidak mustahil hasilnya nanti yang anda peroleh kedepannya akan memuaskan anda.

Berikut ini adalah cara menanami singkong secara baik dan benar :

1. Persiapkan lahan atau tempat untuk menanam singkong
Umumnya singkong sangat membutuhkan tanah yang subur dan gembur supaya dapat menghasilkan umbi yang maksimal ukurannya, maka sebelum menanamnya, haruslah dicangkul terlebih dahulu. Bisa dengan menggunakan teknik seperti gundukan tanah memanjang. Kemudian letakkan sampah daun dimana nantinya akan berguna untuk pupuk alami dalam gundukan tanah yang telah dibuat tadi. Setelah itu jangan lupa untuk membuat jalannya air antara gundukan satu dengan lainnya supaya tanah gundukan yang dipakai menanam singkong tidak terendam oleh air.

2. Persiapkan bibit singkong
Sesudah lahan atau tanahnya siap, anda dapat mulai memilih benih atau bibit singkong terbaik serta menanamnya. Berilah jarak antara bibit yakni kurang lebih 10 cm supaya tak terlalu rapat. Kemudian perhatikan pula waktu anda menanamnya agar tidak terbalik, untuk ujung bawahnya yang ditanam dalam tanah ialah pada bagian benih atau bibit yang tua.

3. Merawat tanaman singkong
Sesudah beberapa hari, maka tanaman ini mulai tumbuh tunas yakni bibit yang telah anda tanam. Disini anda mesti menyingkirkan semua jenis rumput yang tumbuh supaya tanaman singkong anda tak kekurangan unsur hara karena unsur hara ini adalah makanannya.

4. Mengairi tanaman
Disini anda mesti menjaga supaya bibit yang ditanam tak kekurangan air, dan diusahakan supaya tanaman anda tak terendam sampai basah.

5. Memberikan pupuk

Berikanlah pupuk kandang yang sangat berguna sekali untuk memaksimalkan pertumbuhan pada tanaman singkong, terutama daunnya.

6. Masa Panen

Ketela pohon bisa dipanen disaat pertumbuhan bawah daun mulai berkurang. Disini warna daun mulai agak menguning serta banyak yang rontok. Untuk varietas genjah apabila umur panen tanaman pada ketela pohon sudah mencapai 6 hingga 8 bulan, sedangkan varietas dalam sekitar 9 hingga 12 bulan. Ketela pohon ini dipanen dengan cara dicabut batangnya, sedangkan umbinya diambil memakai garpu tanah atau cangkul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *