Cara Mengetahui Kualitas Daging Ayam

Cara Mengetahui Kualitas Daging Ayam

Sesuai dengan perkembangan jaman, daging ayam rusak sangat mudah untuk di poles menjadi daging ayam segar supaya laku di pasaran. Maka hal ini sangat jelas menguntungkan pihak penjual akan tetapi sangat merugikan pihak pembeli.
Supaya tidak dirugikan para penjual ayam, maka perhatikanlah hal-hal berikut ini :

1. Kepala dan leher ayam

Untuk pertama kali, perhatikanlah kepala dan leher ayam yang hendak anda beli. Umumnya ayam yang berkualitas memiliki ciri adanya pembuluh darah di leher, tidak mengeluarkan darah, bekas sembelihan agak pucat serta tidak rata.Sedangkan untuk ayam yang tidak berkualitas terdapat pembuluh darah ayam yang terlihat serta mengeluarkan darah antara leher dan kepala, juga terdapat bekas sembelihan yang kecil dan rata.

 
2. Kulit ayam

Yang kedua adalah dengan melihat kulit ayamnya. Ayam berkualitas yang baik akan mengkilap warna kulitnya, bulu halusnya bersih dan tak terdapat memar kebiruan.Untuk ayam yang tak berkualitas dan tidak segar biasanya memiliki kulit yang tak segar serta terdapat bercak merah dan akan berubah menjadi kebiruan.

3. Bau aroma daging

Jika anda membeli daging yang berkualitas biasanya akan menemui bau aroma khas daging ayam segar yaitu bau amis, sedangkan untuk daging ayam yang sudah rusak biasanya akan memiliki bau busuk.

4. Bentuk tekstur

Umumnya daging ayam segar memiliki tekstur kenyal dan kembali seperti semula sewaktu di tekan hingga dapat dikatakan elastis. Sedangkan untuk daging yang tak segar biasanya akan lembek serta berair.

Biasanya daging ayam yang berkualitas dan masih segar akan mempunyai ciri sebagai berikut  :

1. Mempunyai serat daging yang halus

2. Warna dagingnya putih kekuning-kuningan atau  putih pucat  serta tidak adanya tanda memar.

3. Konsistensinya kurang padat.

4. Tidak terdapat lemak antara serat daging.

5. Berbau segar atau amis.

6. Lemaknya mempunyai warna kekuningan.

7. Umumnya daging ayam segar bisa bertahan 6 jam sesudah dipotong/disembelih.

8. Daging ayam segar yang dimasukkan ke chiller atau lemari es mampu bertahan selama satu hari.

9. Untuk daging ayam yang beku akan bisa bertahan selama berhari-hari didalam suhu 25 derajat celcius.Untuk daging ayam yang tidak berkualitas atau tidak segar memang sangat di pengaruhi oleh beberapa kondisi, seperti kondisi kesehatan ayam, proses penyembelihan atau pemotongan serta pasca pemotongan (pemasakan atau penyimpanan).

Oleh sebab itu, belilah daging ayam segar di tempat yang bersih, juga pemotongan atau penyembelihan resmi serta pastikan pula bahwa daging ayam segar tersebut memang sehat. Jika daging ayam rusak tapi tetap dikonsumsi, maka akan bisa menyebabkan keracunan dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *