Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula

Salah satu bisnis sampingan yang tidak bisa dipandang sebelah mata ialah beternak ikan yang jika di tekuni dengan benar tentu akan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Apabila anda memiliki niat untuk membuka suatu usaha ternak ikan, maka pembudidayaan ikan mas dapat menjadi pilihan.

Dimana hal tersebut tentunya tak lepas dikarenakan budidaya pada ikan mas tidaklah terlalu sulit dilakukan. Berikut ini Pasadena akan menjelaskan cara mudah didalam budidaya ikan mas bagi pemula:

1. Persiapkan lokasi budidaya ikan mas

Poin pertama yang mesti dipersiapkan untuk berbudidaya ikan mas ialah menyiapkan tempat atau lokasi yang tepat.

Lokasi ini nantinya bisa sangat berpengaruh pada tumbuh kembang ikan mas kedepannya. Hal-hal yang mesti diperhatikan didalam menyiapkan lokasi atau tempat yang tepat dalam budidaya ikan mas:

  • Tekstur kemiringan tanah

Kemiringan tanah disini ialah untuk pembuatan media kolam ikan nantinya. Untuk kemiringan tanah ada baiknya 3 sampai 6% tergantung kebutuhan. Guna kemiringan tanah ini ialah untuk pengairan ikan nantinya.

  • Pilihlah jenis tanah yang baik

Tanah liat atau lempung merupakan jenis tanah yang baik bagi media kolam. Dimana hal tersebut dapat membuat air tak menjadi bocor.

  • ┬áTempat atau Lokasi

Pilih lokasi pemeliharaan ikan mas, yaitu sekitar 150 sampai 1000 dpl.

  • Pilihlah air yang bersih

Untuk kualitas air pastinya akan mempengaruhi perkembangan ikan mas kedepannya. Maka untuk itu gunakanlah air yang jernih serta bebas dari kimia.

2. Teknik Pemijahan

Pemijahan merupakan tahap pembenihan untuk ikan mas. Untuk tahap pemijahan ini memiliki dua cara, yakni menggunakan cara penyuntikan dan tradisional dimana cara tersebut dengan menempelkan telur dan setelah itu disebarkan. Sedangkan untuk cara penyuntikan atau modern ialah kedua pasangan ikan mas tersebut sama-sama disuntik menggunakan cairan khusus. Dan cairan khusus ini yang akan membantu proses pemijahan dengan tidak langsung. Suntikan cairan tersebut akan membuat kedua pasangan tersebut mengalami sensasi rangsangan yang hebat hingga pemijahan dapat dilakukan. Tapi yang perlu diperhatikan jika menggunakan metode ini ialah biayanya yang tidak murah serta fasilitasnya yang mesti mendukung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *