Cara Mudah Membuat Ayam Kampung Bertelur Tanpa Henti

Cara Mudah Membuat Ayam Kampung Bertelur Tanpa Henti

Bagaimanakah caranya agar ayam kampung bisa bertelur tanpa henti? Kali ini Pasadena akan memberikan rahasianya berikut ini :

Siapkan indukan yang baik

Untuk kualitas indukan ayam yang hendak dijadikan hewan percobaan haruslah yang telah cukup umur serta berkualitas. Untuk umur indukan betina sebaiknya 5 sampai 6 bulan.

Sedangkan untuk ayam kampung yang jantan umurnya sekitar 8 sampai 10 bulan. Akan lebih baik lagi bila indukan ayam betina tersebut tak berasal dari indukan yang sama terhadap pejantan.

Lokasi pemeliharaan

Untuk ayam kampung lokal biasanya dibiarkan berkeliaran pada sekitar tempat tinggal. Banyak masyarakat dan juga kalangan peternak ayam yang percaya bahwa jika ayam dibiarkan berkeliaran, maka dagingnya akan terasa lebih nikmat.

Akan tetapi, banyak pula para peternak ayam kampung menempatkan ayamnya yang dipelihara didalam sebuah kandang.

Cuma saja, untuk pagi hari, maka ayam kampung ini dilepas dari kandang ayam beberapa waktu supaya bisa mendapatkan cahaya sinar matahari pagi.

Nutrisi protein yang cukup

Pemberian gizi berupa dedak konsentrat dan protein ini sangatlah penting supaya dapat menghasilkan telur berkualitas baik dan mendukung oleh kemampuan reproduksi ayam yang lebih tinggi hanya dengan penambahan keong sawah atau daging siput yang telah dicincang ke dalam makanan ayam kampung.

Persiapkan kandang

Apabila anda melihat  adanya gejala ayam betina tampak sedang  gelisah atau mau bertelur, maka segeralah dikarantina dan ditempatkan pada kandang yang berbeda dengan jerami yang kering.

  • Hari pertama, biarkanlah telur ayam tetap di sarang.
  • Hari kedua, pada saat induk ayam ini akan bertelur lagi, maka ambillah telur ayam pada hari
  • Hari ketiga, ambillah telur ayam pada hari kedua serta sisakanlah satu butir telur ayam yang baru.
  • Begitulah seterusnya hingga induk ayam tadi berhenti untuk bertelur selama kurang lebih 30 hari. Umumnya dalam per hari, indukan ayam kampung ini dapat menghasilkan minimal 1 butir telur.

Untuk telur-telur ayam yang telah berhasil dikumpulkan bisa dikonsumsi sendiri untuk jamu atau dapat dijual ke pasar. Maka sebelumnya yang cuma bisa bertelur 13 butir sebulan, maka sekarang ayam kampung betina dapat bertelur sampai 30 butir sebulan.

Sedangkan untuk dapat mempertahankan kemampuan ayam betina bertelur dengan baik dan berkualitas, maka berikanlah nutrisi tambahan yang cukup serta dicampur dengan pakan ternak ayam, seperti dedak, bekatul, jagung dan sebagainya.

Untuk minuman ternak ayam kampung boleh dicampur dengan daun sirih antiseptik yang bisa membantu indukan menjaga daya tahan tubuh supaya tak mudah diserang penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *