Cara Sederhana Budidaya Burung Cucak Rowo

Cara Sederhana Budidaya Burung Cucak Rowo

Disaat ini burung cucak rowo  kian meningkat popularitas di tengah masyarakat. Burung cucak rowo ini bisa dihargai dengan sangat mahal apabila memiliki kualitas unggulan. Harga burung ini bisa mencapai ratusan juta rupiah jika telah memenangi berbagai lomba skala regional dan nasional. Budidaya burung ini dapat menjadi usaha yang menguntungkan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka teknik budidaya burung cucak rowo haruslah kita pelajari secara seksama. Ini dikarenakan ada beberapa poin khusus didalam teknik beternak burung cucak rowo yang memang cukup rumit jika kita tak mempelajarinya secara baik.

Pilih indukan cucak rowo
Untuk bisa mendapatkan bibit cucak rowo bermutu tinggi, kita harus memilih indukan jantan serta betina yang bermutu tinggi. Untuk dijadikan indukan, cucak rowo harus memiliki reputasi bagus, contohnya memenangkan perlombaan atau bisa berkicau yang sempurna. Disamping memperhatikan suaranya, maka pemilihan indukan bisa juga dilakukan melalui postur tubuh burung cucak rowo. Untuk indukan yang baik mempunyai tubuh yang sempurna serta bebas dari penyakit, panjang tubuhnya sekitar 27 cm, yakni dari kepala sampai ekor.

Pembuatan Kandang
Kita perlu menyiapkan kandang yang ideal atau penangkaran untuk memelihara burung cucak rowo. Umumnya luas kandang yang ideal untuk indukan cucak rowo yakni sekitar 2 x 1 x 2,5 meter. Sesudah kita mendapat indukan jantan serta betina yang pas, kita masukan keduanya menuju kandang tersebut supaya induk betina bisa bertelur dan menghasilkan berbagai bibit burung cucak rowo berkualitas.
Makanan Cucak Rowo
Untuk pemeliharaan burung cucak rowo ini cukup sederhana. Salah satu poin penting dalam beternak cucak rowo ialah pemberian pakan harus dengan tepat. Pepaya dan pisang merupakan makanan yang amat disukai oleh burung ini. Disamping itu, cacing dan jangkrik bisa diberikan juga sebagai penambah zat nutrisi bagi burung. Selain itu bisa juga mencampurkan vitamin melalui makanannya supaya burung bisa lebih bugar hingga dapat berkicau dengan baik.

Memelihara Kebersihan Kandang
Aktivitas ini sangat perlu dilakukan bagi para pembudidaya cucak rowo. Bersihkan kotoran burung tiga kali sehari agar penyakit pada burung tak mudah berkembang dalam kandang. Kemudian untuk selanjutnya adalah kita perlu menyemprot atau memandikan burung setiap pagi hari agar badan burung bisa lebih segar.
Kita juga perlu siapkan sarang burung, yakni berupa serabut kelapa. Sedangkan lokasi yang tepat didalam membudidayakan burung cucak rowo ialah pada tempat yang tenang serta mendapat cahaya matahari yang cukup. Untuk burung ini sebaiknya dijemur di bawah matahari di pagi hari agar mendapat asupan vitamin D supaya badannya lebih sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *