Ciri Seorang Pemimpin Baik dan Ideal

Ciri Seorang Pemimpin Baik dan Ideal

Pemimpin merupakan orang yang mempunyai peran dalam sistem tertentu, maka seseorang didalam peranan formal belum tentu mempunyai ketrampilan kepemimpinan dan juga belum tentu bisa mampu memimpin. Istilah dalam kepemimpinan umumnya berhubungan dengan kecakapan, ketrampilan, juga tingkat pengaruh. Maka oleh sebab itulah kepemimpinan dapat dimiliki orang yang bukan seorang pemimpin.

Pemimpin yang baik bisa diukur dari tindakannya, tidak sekedar pintar berteori, namun miskin dalam pelaksanaannya. Ciri-ciri yang mesti dipunyai oleh seorang pemimpin ideal ialah :

1.    Cerdas

Kecerdasan merupakan poin penting yang mesti dipunyai oleh seorang pemimpin. Dengan kecerdasan akan menentukan seberapa baik awal langkah yang diambil seorang pemimpin apabila dihadapkan pada masalah kelompok. Disamping itu, pemimpin yang ideal merupakan pemimpin cerdas yang didukung dengan kelebihan berfikir serta  peka terhadap keadaan sekitar. Didalam menjalankan tugasnya, maka seorang pemimpin ideal akan bisa berfikir dan mempunyai ide-ide segar demi keberlangsungan kepentingan kelompoknya.

2.    Jujur

Point khas yang mesti dipunyai oleh seorang manusia ialah kejujuran terutama seorang pemimpin. Adanya pemimpin yang jujur akan menjanjikan keterbukaan dalam memberikan semua informasi yang mencakup pada kepentingan kelompok. Maka kejujuran dari seorang pemimpin akan bisa menjadi satu ciri khas tersendiri dimana akan mampu diandalkan oleh anggotanya. Pemimpin yang ideal dengan tingkat kejujurannya yang  tinggi akan bisa mendapat trust yang luas dari anggota kelompoknya.

3.    Percaya Diri

Seorang pemimpin yang ideal itu punya rasa percaya diri yang baik. Di saat-saat genting sekalipun, seorang pemimpin bisa mengangkat moral timnya sehingga masalah yang muncul bisa diatasi dengan baik.

4.    Mampu Berkomunikasi

Kemampuan komunikasi amat penting bagi seorang pemimpin. Sehingga pesan yang disampaikan bisa jelas. Kemampuan berkomunikasi yang jelas ini juga penting agar pemimpin bisa menyelarasakan semua anggota timnya menuju tujuan yang diinginkan dan harus mampu berkomunikasi dengan cara yang baik dan tepat kepada siapa dia berbicara dan bagaimana dia berbicara.

5.    Mampu Mendelegasi

Pemimpin harus bisa mendelegasikan para pekerjanya. Dia tidak akan bisa menjadi yang terdepan. Seoarang pemimpin harus mampu mendelegasikan pada pekerjaannya kepada orang disekitarnya. Disamping itu, percayakan pula kepada tim anda dan berilah mereka tanggung-jawab. Adanya kemampuan untuk mendelegasikan suatu tugas merupakan keahlian khusus dimana tidak bisa dimiliki oleh banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *