Inilah 6 Permainan Outbond Yang Bisa Memperkuat Kerjasama Tim Anda

Inilah 6 Permainan Outbond Yang Bisa Memperkuat Kerjasama Tim Anda

Interaksi dan komunikasi merupakan hal yang terpenting dari suatu hubungan. Yakni dimulai dari berkomunikasi dengan manajer, pelanggan atau kawan sebaya. Komunikasi yang efektif memang  selalu dibutuhkan orang.

Diperoleh dari penelitian, bahwa ternyata permainan tim bukan hanya dapat meningkatkan motivasi dan komunikasi satu sama lain, akan tetapi mampu pula membantu dalam menciptakan perpaduan serta mengoptimalkan produktifitas. Ada beberapa permainan yang dapat meningkatkan kerja sama antar tim !

1. Permainan Konsentrasi

Permainan yang satu ini merupakan cara yang terbaik untuk bisa menyegarkan pikiran anda kembali. Karena selain tak membutuhkan banyak waktu, permainan inipun cukup mudah, yakni dengan saling bertukar sesuatu dari teman yang lainnya, seperti contohnya melepaskan tali sepatu, perhiasan, membedakan gaya rambut serta yang lainnya.

Bentuk permainan ini akan bisa menstimulasi pikiran serta memori anda dimana bisa meningkatkan rasa dekat satu sama lainnya.

2. Permainan Role Play

Merupakan bentuk kelompok permainan yang terdiri dari empat hingga delapan orang. Masing-masing kelompoknya mendapatkan goodie bag. Bag atau tas tersebut biasanya berisi 10 barang acak yang akan dipakai untuk permainan sesuai dengan tema yang ditentukan. Seperti contohnya yang ada hubungannya dengan pekerjaan, misalkan pura-pura lagi mengerjakan acara, sedang rapat, dan sebagainya. Stapler sebagai mikropon ataupun pulpen sebagai tongkat. Disini kreatifitas memang sangat dibutuhkan untuk bisa menyulap suatu barang yang ada hingga menjadi mirip seperti barang aslinya. Pemenang akan ditentukan pula berdasarkan penampilan yang terbaik.

Tujuan dari permainan ini biasanya akan membangkitkan kolaborasi kerja sama tim dan menimbulkan perasaan nyaman satu dengan yang lain karena tak lagi merasa jaga image.

3. Permainan Kompak

Caranya yaitu : Bagilah peserta game ke dalam 4 kelompok dimana masing-masing kelompok berjumlah 8 orang. Mintalah masing-masing kelompok tersebut membuat satu lingkaran dan satu anggota perwakilan dari kelompok untuk berdiri di tengah. Lalu suruh dia ucapkan, “keselamatanku tergantung kalian”. Kemudian tutup kedua matanya. Suruh dia untuk menjatuhkan dirinya secara bebas menuju arah mana saja, sedangkan teman-teman kelompoknya melingkar serta bertanggung jawab penuh atas keselamatan orang yang di tengah tadi.

Permainan ini sangatlah bermanfaat untuk dapat mengakrabkan suasana kerja didalam satu tim.

4. Take That What You Need

Aktifitas kegiatan ini dapat membuatmu untuk saling mengenal peserta dengan yang lainnya. Anda hanya membutuhkan satu kertas gulungan toilet. Disarankan grup permainan ini terdiri dari 15 orang. Caranya pun mudah saja : mintalah semua orang duduk didalam satu lingkaran kemudian suruh pula mereka untuk mengambil gulungan kertas toilet sesuai yang mereka perlukan tanpa memberitahukan kegunaannya. Sesudah selesai, maka setiap orang haruslah menceritakan fakta sebenarnya mengenai dirinya sesuai berapa banyaknya gulungan kertas toilet yang dia ambil barusan. Misalkan, si A mengambil kertas toilet 5 gulungan, maka dia harus menceritakan lima fakta perihal dirinya.

Permainan ini tentunya sangat baik untuk bisa meningkatkan komunikasi antar karyawan.

5. Permainan Snow Ball

Dikenal pula permainan “ice breaker”, dimana permainan ini akan bisa membantu anda dan juga tim untuk saling berkenalan melalui cara yang menyenangkan. Permainannya pun sangat mudah,  yakni dengan meminta seluruh peserta membuat satu lingkaran, setelah itu sediakan 1 buah bola.

Kemudian anda dapat melemparkan bola tadi dari belakang. Peserta yang menangkapnya mesti mengucapkan satu kalimat sambil memperagakan dalam gerakan. Seperti menyanyi, ini artinya dia mesti pura-pura lagi menyanyi.

Permainan ini memang sangatlah menyenangkan terutama disaat melihat banyaknya ekspresi unik dan lucu dari masing-masing pesertanya.

6. Beach Ball Toss

Disaat  ada banyaknya peserta baru pada tim anda, maka menguatkan untuk bisa berkomunikasi dengan peserta yang lama sebenarnya tidaklah susah akan tetapi tidak juga mudah. Nah, anda patut mencoba permainan ini ! Anda bisa membuat berbagai pertanyaan kemudian mulailah dengan permainan sebuah bola serta lemparlah secara acak. Kemudian lihatlah dimanakah bola itu berhenti, serta beri pertanyaan-pertanyaan tadi agar segera dijawab. Misalkan, “Bagaimana kamu bisa mencintai wanita yang telah dimiliki orang lain?” , atau “Apakah tujuan hidupmu?”, dan sebagainya.

Biasanya permainan ini terasa lebih menyenangkan apabila pertanyaan-pertanyaannya makin unik, lucu dan juga menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *