Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional

Ada beberapa ciri yang menandai seseorang apakah dia mempunyai kecerdasan tingkat emosi yang baik. Diantara ciri tersebut adalah :

1. Berfikir positif kepada orang lain

Apabila seseorang mempunyai sifat ini, maka tentunya dia akan melihat kepada orang lain itu sebagai bagian kebahagiaan hidupnya sendiri. Disamping itu, dia juga  akan selalu melihat dari sisi positif hal yang perlu dilakukan oleh orang lain.

2. Mentalitas berkelimpahan

Sifat kepribadian ini dipunyai oleh orang yang senang membagi-bagikan apa yang dipunyai kepada orang lain. Umumnya orang yang demikian akan selalu merasakan bahwa dengan memberikan sesuatu yang dimiliki pada orang lain maka akan membuatnya merasa semakin kaya. Lawan dari sifat ini ialah pelit. Orang yang mempunyai sifat pelit akan selalu merasa ketakutan serta takkan mendapatkan sesuatu apabila orang lain telah mendapatkannya.

3. Komunikasi transformasional

Umumnya sifat ini dipunyai oleh orang dimana selalu memilih kalimat yang enak didengar oleh telinga didalam berbicara kepada orang lain. Apabila menimbulkan perbedaan pendapat atau persepsi antara dia kepada orang lain, maka dia tetap menggunakan kalimat yang menyejukkan hati serta pikiran didalam menanggapi perbedaan tersebut.

4. Berorientasi kepuasan

Umumnya sifat ini dipunyai oleh orang dimana didalam interaksi dengan orang lain yang selalu mau membuat orang lain itu gembira. Dia juga akan merasa gembira. Biasanya orang yang seperti ini mempunyai rasa respek kepada orang lain.

5. Sifat melayani

Orang ini amat senang jika melihat orang lain senang. Sangat susah jika melihat orang lain tersebut susah. Maka sifat ini ialah lawan daripada sifat egois mementingkan diri sendiri ataupun golongannya sendiri. Umumnya orang ini akan melayani kepentingan orang atau bawahan yang dipimpinnya.

6. Kemampuan berempati

Biasanya sifat ini dipunyai oleh orang yang dapat merasakan sesuatu apa yang dirasakan orang lain. Umumnya kepekaan rasa yang dimilikinya akan membuatnya merasa lebih mudah untuk merasakan kesusahan orang lain. Maka orang yang tak memiliki kemampuan untuk berempati  umumnya  sangatlah sulit untuk bisa berhubungan pada orang lain. Biasanya perasaan itu tumpul didalam memahami akan kebutuhan orang lain.

7. Kebiasaan apresiatif.

Umumnya orang yang mempunyai sifat ini senang memberikan apresiasi kepada apa yang dilakukan orang lain yang membuat orang lain tersebut merasa dihargai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *