Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Jeruk nipis merupakan salah satu dari jenis jeruk yang bisa dimanfaatkan buahnya. Buah jeruk nipis mempunyai warna yang kuning atau hijau serta berbentuk bulat, rasanya yang asam serta sedikit pahit, mirip seperti buah lemon, berdiameter sekitar 4 sampai 7 cm. Buah ini banyak digunakan buat memasamkan makanan, bisa juga digunakan mencuci piring ataupun mencuci tangan dikarenakan baunya yang segar.

Buah jeruk nipis sering disamakan dengan lemon, tapi pada dasarnya jeruk nipis dan buah lemon sangatlah berbeda. Untuk jeruk nipis sendiri mempunyai rasa yang masam, dingin serta kelat yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga mampu menyembuhkan dari berbagai macam penyakit. Inilah diantara manfaat jeruk nipis untuk kesehatan :

  1. Mengatasi radang tenggorokan

Gunakanlah 3 jeruk nipis yang telah diambil perasan airnya, kemudian dicampurkan dengan sedikit garam dan madu, setelah itu tambahkan air hangat, gunakan untuk berkumur.

  1. Mengobati batuk

Jeruk nipis dapat dipercaya untuk mengobati batuk berdahak, caranya yaitu dengan mengambil perasan air jeruk nipis yang telah dicampur dengan madu serta sedikit garam. Setelah itu diminum 2 hingga 3 kali setiap hari sampai batuknya benar-benar sembuh.

  1. Melancarkan pencernaan

Masalah pencernaan yang disebabkan pola makan yang tak teratur bisa dibantu dengan minum segelas air hangat yang telah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. 

Disamping manfaat tersebut diatas, masih banyak lagi khasiat yang bisa diperoleh dari meminum air perasan jeruk nipis, diantaranya untuk mengobati ambeien, amandel, bau badan, batu ginjal, demam, difteri, batuk disertai influenza, tekanan darah tinggi, anyang-anyangan, haid tidak teratur dan jerawat. Maka tidak ada salahnya bila anda menanam tanaman jeruk nipis ini di pekarangan rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *