Materi Pelatihan Manajemen Konflik

Materi Pelatihan Manajemen Konflik

Setiap kelompok didalam satu organisasi, yang mana didalamnya mulai terjadi interaksi diantara satu dengan lainnya, mempunyai kecenderungan timbulnya konflik. Misalnya didalam institusi pelayanan kesehatan timbul kelompok interaksi, baik itu antara kelompok karyawan dengan karyawan, karyawan dengan pasien, karyawan dengan pengunjung, karyawan dengan dokter umum maupun dengan lainnya dimana situasi tersebut sering dapat memicu timbulnya konflik. Konflik memang sangat erat hubungannya dengan perasaan manusia dan termasuk perasaan disepelekan, diabaikan, ditinggalkan, tidak dihargai dan juga ada perasaan jengkel dikarena kelebihan kerja. Naah, perasaan-perasaan tersebut bisa memicu timbulnya amarah. Keadaan tersebut akan pula mempengaruhi seseorang didalam melaksanakan kegiatan secara langsung serta bisa menurunkan produktivitas kerja dalam organisasi dengan melakukan banyaknya kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Didalam sebuah organisasi, maka timbulnya suatu konflik ini bisa jadi disebabkan karena adanya suatu perubahan yang tiba-tiba, diantaranya yakni: persaingan ketat, perbedaan kebudayaan, kemajuan tekhnologi baru dan berbagai macam pola kepribadian individu.

Konflik ini bisa jadi merupakan suatu sumber energi serta kreativitas yang positif bila dikelola dengan baik. Seperti misalnya, konflik bisa menggerakkan suatu perubahan :

  • Memberikan saluran baru dalam komunikasi.
  • Membantu setiap orang agar saling memahami perbedaan pekerjaan serta tanggung jawab mereka.
  • Memberikan kesempatan menyalurkan emosi.
  • Menghasilkan sumber tenaga lebih merata didalam organisasi.
  • Menumbuhkan semangat yang baru pada staf.
     

Apabila konflik tersebut mulai mengarah kepada kondisi yang destruktif, maka keadaan tersebut dapat berdampak kepada penurunan efektivitas kerja didalam organisasi, berupa penolakan, apatis, resistensi terhadap perubahan, acuh tak acuh atau berupa demonstrasi.

Cara menghindari konflik bisa dilakukan apabila isu yang memicu konflik tersebut tidak terlalu penting. Penghindaran merupakan satu strategi yang cukup memungkinkan berbagai pihak yang berkonfrontasi dalam menenangkan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *