Memahami dan Menyikapi Masalah Anak

Memahami dan Menyikapi Masalah Anak

Didalam mengenali masalah pada anak, maka ada beberapa hal yang dapat kita jadikan rujukan:

Pertama, tahap perkembangan dan norma atau nilai-nilai yang berlaku. Adapun tugas perkembangan anak adalah kemampuan yang mesti dimiliki oleh seseorang yang sesuai dengan umur perkembangannya.

Kedua, kita mesti paham bahwa anak merupakan pribadi yang unik. Oleh karena itu ketika kita bisa mendeteksi masalah yang terjadi pada anak, maka kita tak seharusnya membandingkan dengan anak yang lain.

ketiga, pendidikan pada dasarnya harus disesuaikan dengan setiap individu anak. Disini tugas orangtua serta pendidik untuk bisa mendidik anak sesuai potensi masing-masing pada anak serta tidak menyamaratakan anak didalam proses pendidikan.

Pendidik maupun orangtua haruslah “menerima” bahwa ada sesuatu yang tak sesuai dengan keadaan ideal dalam diri anak. Juga termasuk ‘menerima’ apabila ternyata bahwa akar masalahnya bisa berawal dari dalam diri kita sebagai pendidik atau orangtua. Apabila telah memahami hal-hal tersebut diatas, maka akan bisa lebih mudah bagi orangtua didalam menangani masalah yang biasa terjadi pada anak. Masalah yang tampak merupakan akibat dari sebuah pokok masalah. Untuk bisa mengetahui pokok masalah, maka kita sebagai orangtua haruslah menggali dengan lebih dalam lagi. Umumnya kesalahan didalam memandang masalah tersebut akan membuat kita tak tuntas didalam menyelesaikan sebuah masalah. Kemudian masalah itu terus akan muncul kembali pada masa akan datang. Mengapa? Ini dikarenakan akar masalahnya pun belum diselesaikan secara tuntas

Semoga kita sebagai orangtua dapat mengubah cara pandang tehadap masalah atau persoalan yang biasa terjadi pada anak. Dengan demikian kita akan bisa lebih mudah mendeteksi dan menyelesaikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *