Mengapa Perusahaan Harus Mengikuti Program Outbound ?

Mengapa Perusahaan Harus Mengikuti Program Outbound ?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pelatihan outbound dialam terbuka semakin dikenal di kalangan praktisi pada pelatihan SDM. Tidak sedikit perusahaan besar maupun kecil memanfaatkan teknik metode outbound manajemen training pengembangan SDM. Lalu timbul sebuah pertanyaan, mengapa  sangat populer? Ini tidak lain dikarenakan metode outbound training memang sangat efektif didalam membangun sebuah pemahaman pada suatu konsep serta membangun prilaku.

Manusia pada umumnya dapat memahami kehidupan ini. Alam semesta merupakan tempat belajar untuk semua orang. Maka itulah sebabnya Tuhan menyuruh manusia supaya membaca arti yang ada pada alam semesta. Mempelajari bagaimana burung bisa terbang bersama, bagaimana semut dan lebah berbagi tugas, dan ini telah banyak menjadikan sumber inspirasi bagi ahli manajemen.

Kehidupan didalam suatu organisasi perusahaan sangat kompleks dimana hal ini bisa disimulasikan dalam suatu bentuk aktifitas kegiatan yang sederhana. Sedangkan permainan outbound training merupakan cara menggambarkan kehidupan yang cukup kompleks melalui cara yang sederhana dengan penggunaan sebuah metafora. Jadi permainan yang ditunjukkan didalam outbound training merupakan metafora didalam kehidupan kompleks tersebut.

Kegiatan pelatihan outbound memang banyak menggunakan aktifitas yang serupa dengan permainan yang umum dilakukan anak-anak. Dan permainan ini umumnya disukai oleh hampir setiap orang menjadi sangat menyenangkan.

Disamping itu, outbound training umumnya menggunakan satu cara yang dapat memberikan sebuah pengalaman secara langsung pada peserta pelatihan. Peserta bisa langsung merasakan kesuksesan dan gagal didalam sebuah kegiatan outbound. Jika sukses, maka peserta akan mengetahui prilaku apa yang bisa membuat mereka sukses. Jika gagal, maka mereka akan pula segera tahu, bahwa prilaku macam mana yang bisa menyebabkan kegagalan tersebut. Nah, dengan pendekatan outbound traning akan bisa memudahkan sebuah pemahaman mengenai konsep manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *