Meningkatkan kejujuran dan integritas melalui outbound

Meningkatkan kejujuran dan integritas melalui outbound

Metode outbound merupakan satu metode yang sangat efektif didalam mengakomodasi kebutuhan tuntutan pada hasil suatu pelatihan. Cara atau metode ini memang efektif dalam membangun pemahaman pada suatu konsep membangun prilaku karakter pribadi berupa integritas dan kejujuran. Karakter ini akan tertanam serta menjadi personal yang lebih baik.

Untuk peningkatan mutu mahasiswa memang sangat dibutuhkan didalam rangka meningkatkan kualitas suatu pendidikan. Dimana salah satu pendidikan mahasiswa paling utama ialah memiliki kualitas prestasi serta lulusan yang bisa berguna di tengah masyarakat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa lingkungan mempunyai peran besar didalam menghasilkan prilaku individu yang baik, contohnya adalah lingkungan akademik. Mutu dari mahasiswa yang diharapkan yakni kepatuhan terhadap etika, prestasi akademik, sikap proaktif dalam proses belajar serta kompetensi kelulusan yang handal. Sebagai insan akademis, mahasiswa dipandang mempunyai kekuatan intelektual sehingga tingkat kepekaan dan nalarnya yang rasional bisa diharapkan memberi suatu kontribusi nyata bagi pembangunan pendidikan serta sosial di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itulah sudah menjadi konsekuensi pada tuntutan dari mahasiswa agar mampu mengoptimalkan potensi sebagai kebutuhan individu dan masyarakat. Dengan adanya fungsi kontrol sosial mahasiswa terhadap pembangunan, maka diharapkan mutlak demi tercapainya kemajuan pembangunan. Peningkatan pada mutu mahasiswa memang sangat ditentukan oleh kepribadian atau karakter yang dimilikinya.

Diantara karakter yang utama yang harus dimiliki mahasiswa adalah kejujuran dan integritas dimana kedua hal ini saling berkaitan serta melengkapi satu dengan yang lainnya. Artinya bahwa seorang yang jujur sudah pasti berintegritas, demikian juga sebaliknya. Dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada untuk membentuk suatu karakter, maka salah satunya bisa dilakukan dengan belajar berbasis outdoor. Dimana metode outdoor ini dapat meningkatkan kebersamaan, saling setia kawan serta bisa memberikan inspirasi pada pembelajar.

Perkembangan diri mahasiswa bisa dikatakan tepat apabila terdapat wadah dalam mengimplementasi pengembangan karakter yang sesuai. Salah satu wadah untuk mengembangkan karakter mahasiswa ialah dengan melalui aktifitas kegiatan bermain outbound. Permainan outbound merupakan pelatihan dalam pengembangan diri dalam tim. Outbound adalah metode pelatihan pengembangan diri dan pembentukan tim didalam proses mencari sebuah pengalaman melalui aktifitas kegiatan alam terbuka.

Pada kegiatan outbound ini terdapat berbagai macam pengembangan kreativitas, kerjasama, komunikasi, motivasi diri, mendengarkan secara efektif, problem solving, kompetisi dan tumbuh percaya diri. Disamping itu, mahasiswa akan lebih peka pada tugas yang dimilikinya, berfikir lebih kreatif serta menumbuhkan  nilai-nilai kejujuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *