Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Pengalaman Seorang Fasilitator

Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Pengalaman Seorang Fasilitator

Agar bisa menjadi instruktur atau seorang fasilitator dalam sebuah outbound tentunya mempunyai banyak pengalaman serta pembelajaran selama menekuni profesi tersebut. Pembelajaran yang dapat diperoleh dari seorang fasilitator outbound ialah :

1. Bisa berkomunikasi secara baik dan benar, yakni melalui gestur, kata-kata dan intonasi.

2. Mempunyai tantangan baru.

3. Semangat inovatif dan kreatif.

4. Bisa mendidik dengan benar.

5. Membuat dirinya menjadi pribadi sopan dan murah senyum.

6. Selain tampil ceria, juga mampu berpikir inspiratif.

7. Selalu sabar dan rendah hati.

8. Bisa update terhadap semua informasi apapun.

9. Bisa menjadi orang yang berguna buat orang lain.

fasilitator outbound
fasilitator outbound

Dengan banyaknya beragam manfaat serta pelajaran hidup yang diperoleh seorang fasilitator outbound, ini bukan berarti dia luput dari berbagai macam kendala atau permasalahan. Seperti misalnya materi yang agak susah diterima oleh peserta, mengatur waktu yang sangat pendek pada saat kegiatan, serta menghadapi karakter masing-masing pesertanya yang bermacam-macam.

Dari berbagai kendala atau persoalan yang dihadapi oleh seorang fasilitator outbound justru terkadang dapat menimbulkan kesan yang berbeda disaat harus menghadapi berbagai kesulitan didalam menangani peserta. Pada saat gagal dalam menggunakan satu cara, kemudian muncullah ide yang bisa menumbuhkan kreativitas  baru. Dari pengalaman itulah yang dapat mendatangkan kepuasan tersendiri oleh seorang fasilitator. Semua pekerjaan pasti akan selalu ada manfaatnya yang dihasilkan oleh diri sendiri ataupun orang lain. Selain itu, profesi atau pekerjaan juga mempunyai konsekuensi dan resiko yang mesti dihadapi. Apalagi profesi tersebut sangat berkaitan dengan pengabdi atau pelayanan kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.