Pembagian Outbound

Pembagian Outbound

Jika kita tilik dari sejarahnya, dunia outbound sebenarnya merupakan kegiatan alam terbuka dimana memerlukan cukup ketahanan sekaligus tantangan secara fisik yang besar. Sedangkan di dalamnya, para peserta menjalani jejak petualangan yang cukup berat dan penuh dengan resiko. Didalam outbound, para peserta benar-benar dilatih untuk bisa menjadi manusia yang cukup tangguh dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup.

Nah, oleh karena itulah, maka pada awalnya kegiatan outbound sering banyak dipakai oleh lembaga angkatan bersenjata demi kepentingan dalam mempersiapkan para prajurit tangguh dalam menghadapi rintangan hidup, baik itu situasi perang maupun situasi aman. Tapi didalam perkembangannya maka istilah outbound ini mengalami perluasan arti menjadi petualangan yang berat, tetapi juga menunjuk pada aktivitas permainan ringan yang diadakan di luar maupun didalam ruangan.

Diawali dari sini, maka tidak sedikit praktisi outbound membagi outbound jadi dua kategori, yakni fun outbound dan real outbound. Fun outbound menunjuk kepada kegiatan aktifitas di alam terbuka dimana tidak menekankan unsur fisik. Tidak sedikit pula yang mengistilahkan fun outbound sebagai aktifitas semi outbound karena dia dianggap bukan aktifitas outbound sesungguhnya. Didalam fun outbound, tiap peserta cuma terlibat didalam permainan ringan tapi sangat menyenangkan, memiliki resiko kecil tetapi mengandung manfaat cukup besar dalam pengembangan diri, yakni meningkatkan keterampilan dalam sosial seperti membangun karakter.

Sementara Real outbound biasa menunjuk pada aktifitas kegiatan outbound dimana memerlukan ketahanan serta tantangan fisik cukup besar. Tiap-tiap peserta menjalani berbagai petualangan mendebarkan. Real outbound ini biasa disebut sebagai aktifitas kegiatan outbound sesungguhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *