Pendisiplinan manajemen agar bisa menangani konflik

Pendisiplinan manajemen agar bisa menangani konflik

Pendisiplinan wajib memperhatikan beberapa pedoman, yakni :


1. Pendisiplinan mesti bersifat membangun. Jika memberikan teguran hendaknya disertai dengan menyarankan mengenai bagaimana seharusnya berbuat agar tidak terus mengulangi kesalahan sama untuk masa yang akan datang.


2. Pendisiplinan hendaknya dilakukan pribadi/individual. Tidak semestinya memberi teguran pada bawahannya didepan orang banyak. Karena hal ini tentunya akan memalukan bawahannya yang ditegur (meskipun benar bersalah), hingga bisa menimbulkan perasaan dendam.


3. Pendisiplinan mesti dilakukan oleh atasannya secara langsung. Jangan menunda pemberian pendisiplinan hingga masalahnya terlupakan. Disaat kesalahan masih segar, maka teguran akan cepat efektif daripada diberikan teguran selang beberapa waktu.

4. Pimpinan tidak semestinya memberikan pendisiplinan disaat bawahan sedang absen.


5. Keadilan didalam pendisiplinan sangatlah diperlukan. Suatu kesalahan sama hendaknya diberikan pada hukuman yang sama. Jangan melakukan pendisiplinan tebang pilih kasih.


6. Sesudah pendisiplinan, maka sikap pimpinan mesti wajar kembali.

Tidaklah dibenarkan jika sesudah melakukan pendisiplinan terhadap bawahan, pimpinan tetap membenci bawahannya yang sudah melakukan kesalahan. Dimana rasa benci hanya akan menimbulkan sikap perlakuan tidak adil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *