Pertolongan Pertama Bila Anak Demam

Pertolongan Pertama Bila Anak Demam

Demam merupakan kondisi atau keadaan yang bisa dialami oleh oleh anak-anak. Umumnya orang tua sering kebingungan sewaktu mengetahui anaknya mengalami peningkatan pada suhu tubuh. Demam tidaklah membahayakan asalkan tak menimbulkan dehidrasi, kejang atau kesadaran menurun.

Berikut ini adalah beberapa tahap pertolongan pertama untuk anak yang mengalami demam :

  1. Gejala yang nampak

Umumnya demam bisa disebabkan akibat infeksi virus. Anak tampak lesu serta tak ada gairah untuk bermain. Umumnya infeksi virus disertai dengan pilek, batuk atau diare. Sedangkan ciri khas pada infeksi demam disebabkan oleh virus ialah demam yang tinggi di hari pertama sampai kedua, umumnya pada hari ke 4 naik tapi tidak setinggi di hari pertama, biasanya pada hari ke 7 akan pulih kembali sesuai kondisi sebelumnya, dan dalam menangani demam terinfeksi virus tak memerlukan cek darah atau antibiotik.

  1. Kompres air hangat

Jika penyebab demam ialah infeksi virus, maka anda bisa memberikan pertolongan pertama melalui cara mengompres dengan menggunakan air hangat. Untuk air hangat bisa langsung di pusat tubuh hingga akan menurunkan suhu tubuh secara otomatis. Hindarilah menggunakan air dingin atau alkohol. Alkohol bisa berbahaya dikarenakan uapnya bisa berdampak buruk sewaktu terhirup oleh bayi. Disini anda bisa juga menggunakan plaster kompres.

  1. Periksa selalu suhu tubuh

Disini anda bisa mengontrol suhu tubuh sang anak dengan memakai termometer, umumnya suhu normal untuk anak berkisar di antara 37 derajat celcius, jadi apabila anak anda mempunyai suhu tubuh lebih tinggi 37 derajat celcius, maka bisa diberikan terapi yang ringan terlebih dulu, misalkan dengan minum banyak air putih hingga anak anda tak mengalami kekurangan cairan.

  1. Berikanlah obat penurun demam

Disini anda bisa berikan obat penurun demam pada anak, salah satunya ialah dengan memberikan parasetamol. Dimana parasetamol ini adalah obat penurun demam, mempunyai efek samping yang cukup rendah untuk tubuh bayi. Walaupun begitu hendaknya membaca petunjuk dokter supaya tak mengalami resiko pada gangguan fungsi hati, jika diberikan pada dosis yang tak tepat.

  1. Harus melalui penanganan dokter

Jika bayi anda demam di usia 3 bulan dan suhu tubuhnya bisa melebihi 37 derajat celcius, maka sebaiknya segera diperiksa ke dokter anak. Disamping itu jika anak demam dimana kaki pada anak sering menggerak-gerakan dan kondisi urinnya kental, maka salah satu penyebabnya dapat dikarenakan infeksi pada saluran kemih dan juga jika demam tidak turun selama 3 hari atau lebih dan disertai bintik merah atau mimisan, maka sebaiknya anda membawanya ke dokter untuk dilakukan tes kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *