Tahapan Perenungan dalam outbound training

Tahapan Perenungan dalam outbound training

Kegiatan perenungan atau refleksi bertujuan untuk bisa memproses pengalaman yang dihasilkan dari kegiatan outbound Pasadena . Tiap-tiap peserta dalam tahapan melakukan refleksi tentang hal pengalaman pribadi atau personal yang dirasakannya saat kegiatan berlangsung, baik itu secara emosional, intelektual dan fisikal. Didalam tahapan ini, maka fasilitator outbound selalu berusaha untuk bisa merangsang peserta untuk bisa mencapai pengalaman pribadi peserta masing-masing sesudah terlibat di dalam kegiatan tahap pertama.

Dalam melakukan refleksi, biasanya peserta outbound menceritakan tentang pengalaman pribadinya pada berbagai macam tingkatan belajar. Sedangkan level belajar yang sering dipakai didalam pendidikan ialah taxonomy. Disini ada enam kriteria level belajar, yakni :

1. Knowledge. Pada tahap level ini, orang cuma mengingat peristiwa sedang terjadi dan menceritakan peristiwa yang terjadi cuma sebagai fakta.

2. Aplication. Untuk tingkat ini, orang biasa melakukan penerapan sederhana dari hal-hal yang dia pelajari.

3. Comprehension. Untuk tahapan ini orang harus menginterpretasikan mengenai apa yang terjadi.

4. Synthesis. Untuk level ini, umumnya orang menggabungkan beberapa potongan pengetahuan dalam memecah suatu masalah.

5. Analysis. Untuk tingkat ini, biasanya orang memecah-mecah pada hal-hal yang baru dialami didalam berbagai komponen serta melihat keterkaitannya antara yang satu dengan lainnya.

6. Evaluation. Pada tingkat ini, umumya orang mengevaluasi manfaat pada sebuah solusi, gagasan, masalah serta peristiwa yang dialaminya.

Untuk kegiatan refleksi ini dilakukan dengan cara meminta peserta atau anggota pelatihan outbound untuk duduk secara santai sambil membuat lingkaran supaya peserta bisa saling berhadapan. Sedangkan fasilitator berada dilingkaran serta menyatu dengan peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *