Team Building Didalam Outbound Training

Team Building Didalam Outbound Training

Secara garis besarnya, ada dua kategori pemakaian outbound management training. Pertama adalah pengembangan kemampuan diri dalam bidang manajemen, yang kedua adalah bidang pengembangan diri atau personal development.

Didalam suatu perusahaan, umumnya team building digunakan dalam outbound training untuk bisa merubah kebiasaan kerja dari karyawan yang amat individual menjadi satu kerja tim atau team work, dengan begitu diperlukan adanya suatu paradigma baru didalam menangani pekerjaan. Untuk pola kerja yang lama serta terkotak-kotak masing-masing unit, harus dibongkar melalui pendekatan lintas fungsi. Pendekatan lintas fungsi sangatlah diperlukan, karena akan menjadi perubahan dasar didalam pelaksanaan kegiatan orientasi tugas menjadi orientasi proses. Pergeseran dari orientasi ini akan meningkatkan produktifitas serts efisiensi di dalam suatu kegiatan organisasi. Maka untuk menangani proses, maka orang mesti bekerja sama dalam team work didalam proses tersebut, yakni mulai dari awal hingga akhir. Untuk simulasi didalam outbound training akan membantu para peserta outbound untuk bisa belajar dalam menjalani proses sebuah kegiatan, yaitu mulai awal sampai akhir, tentunya dipandu seorang fasilitator atau instruktur outbound training yang berpengalaman.

Didalam suatu team work yang kompak, maka haruslah memiliki misi dan visi yang sama. Pembentukan visi akan menjadikan pengikat kepentingan secara bersama dari semua anggota team. Disamping itu, peserta tim haruslah memiliki sikap saling tergantung atau interdependence. Tiap-tiap peserta haruslah melihat keseluruhan anggota teamnya, yakni dimulai dari arah sudut pandang positif. Tiap peserta haruslah mempunyai kesadaran bahwa dengan keterlibatan atau bantuan orang lainlah maka tujuan bersama ini akan tercapai. Disamping itu, sebuah team haruslah mempunyai sinergi didalam kegiatannya. Ini akan terwujud dari adanya sebuah visi bersama dimana pencapaiannya dikerjakan bersama dengan pola tindakan atau pola pikir yang sama. Untuk keberhasilan dari simulasi outbound training ini memang tergantung dari masing-masing peserta outbound traning tersebut. Dengan begitu, apakah mereka mampu menerapkan suatu simulasi didalam outbound training dalam sebuah kegiatan kerja yang ada dalam suatu perusahaan.

One thought on “Team Building Didalam Outbound Training

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *