Tips Berkomunikasi Dengan Anak yang Berusia 6-12 Tahun

Tips Berkomunikasi Dengan Anak yang Berusia 6-12 Tahun

Disaat sang anak mulai memasuki usia bangku sekolah, dia akan mulai mandiri dan menghabiskan waktu di sekolah atau diluar rumah bersama teman-temannya. Namun berbicara dengan anak masihlah sangat penting demi mempererat hubungan, informasi, berbagi ide dan opini.

Ada beberapa ide dalam membantu komunikasi :

  • Luangkan waktu anda untuk mendengar kegiatan harian anak; pastikanlah bahwa anak anda mengetahui bahwa anda mendengarkan dengan seksama.
  • Selalu ingat untuk berbicara dengan anak.
  • Gunakanlah waktu di saat berpergian menggunakan mobil untuk berbicara dengan anak.
  • Luangkanlah waktu untuk bisa menghadiri acara kegiatan sekolah anak dan bermain games.
  • Dukunglah anak untuk bisa membaca buku.

Di saat anak anda berada di sekolahpahami cara anak dan gunakan bahasa agar bisa lebih cermat. Umumnya anak akan bisa mengerti lebih banyak dari kosakata dan konsep yang bisa ia ekspresikan. Seharusnya anak anda bisa mengerti paragraf naratif serta membagi opini dan ide dengan pengucapan cukup jelas.

Sebaiknya anda lanjutkan komunikasi melalui guru tentang perkembangan kemampuan bahasa anak. Jika anak mempunyai masalah dalam pemahaman serta penggunaan bahasa akan berisiko tinggi mengalami bermacam kesulitan didalam pemahaman akademik lainnya.

Apabila anak yang mempunyai masalah komunikasi spesifik, contohnya gagap, maka sebaiknya anda mengunjungi sekolah patologi bidang bahasa (ahli dalam mengevaluasi serta mengobati tingkat kesulitan anak didalam berbicara). Komunikasi dengan terapis anda mengenai tujuan terapis. Untuk aktivitas bahasa hendaknya dilakukan di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *