Tips Menjinakkan Burung Anis Merah

Tips Menjinakkan Burung Anis Merah

Agar bisa membuat burung anis merah jadi jinak, ada trik yang mesti dilakukan. Berikut ini adalah tips bagaimana menjinakkan burung anis merah yang baik :

  1. Melatih burung anis merah makan poer

Biasanya di saat membeli burung anis merah, burung ini tidak suka makanan poer. Karena itu sangatlah penting untuk mengetahui apakah burung yang dibeli itu telah makan poer atau belum. Apabila belum, maka lebih baik dilatih dulu burung anis merah untuk makan poer. Cara yang paling handal ialah mencampur poer halus dengan kroto.

  1. Tempatkan burung pada kandang yang baik dan nyaman

Biasanya burung anis merah yang lagi giras menunjukkan perilaku kasar seperti mematuk sangkar atau jeruji kandang. Untuk mencegahnya, sebaiknya anda pilih kandang dari bahan kayu, ini dikarenakan dapat membuat anis merah jadi terluka. Disamping itu, perhatikan pula jenis tangkringan yang digunakan.

  1. Cara memandikan burung anis merah

Di saat giras, akan lebih baik menggunakan metode mandi tak biasa. Bila  anda suka memandikan burung melalui wadah kemudian disemprot, maka pada saat burung sedang giras sebaiknya mandikan menggunakan tangan anda. Dimana hal ini bertujuan memberi tahu burung anis merah jika anda bukanlah suatu ancaman baginya. Pastikanlah bahwa anda memang telah tahu benar cara memegang burung anis dengan baik supaya tak terluka nantinya.

  1. Membersihkan sangkar secara rutin

Kebersihan dan kenyamanan menjadi kunci penting supaya burung anis merah menjadi jinak. Bersihkan kandang atau sangkar minimal 3 kali setiap minggunya. Di sarankan pula untuk membersihkan sangkar atau kandang anis merah 1 kali sehari supaya benar-benar nyaman. Dan tentunya akan  membuatnya bisa jinak burung ini bukanlah suatu hal yang sulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *