Tujuan Diadakannya Ice Breaking

Tujuan Diadakannya Ice Breaking

Didalam kegiatan atau aktifitas outbound, Ice Breaking merupakan awal dari sebuah aktifitas outbound untuk memecah kebekuan dalam diri setiap peserta dikarenakan perbedaan status, usia maupun baru saling mengenal. Pengaplikasian dari ice breaking sering menggunakan permainan yang menyenangkan yang bisa membuat peserta melupakan segala aktifitas kerja.

Tujuan diadakannya ice breaking adalah :

  1. Menciptakan suasana kesetaraan diantara sesama perserta outbound.
  2. Menimbulkan semangat diantara sesama peserta outbound.
  3. Terciptanya suasana yang dinamis antar peserta.
  4. Menghilangkan sekat pembatas antar peserta.

Sedangkan berbagai hal penting yang mesti diperhatikan disaat Ice Breaking adalah :

  1. Seorang pelatih atau instruktur harus mempunyai naluri khusus yang cukup kuat disaat melakukan kegiatan ice breaking. Pelatih mesti tahu disaat pesertanya sudah mulai lebur atau belum, serta masih harus dileburkan. Disaat peserta belum lebur tapi ice breakingnya sudah dihentikan, maka hal ini akan bisa menyusahkan saat penyajian materi berikutnya.

  2. Disaat melakukan ice breaking, maka seorang pelatih mesti bisa mendeteksi, tentang potensi sifat, sikap dan “karakteristik special” dari seorang peserta.

  3. Seorang pelatih harus dipandang oleh peserta outbound dalam pandangan positif, baik itu dari segi sikap, pendapat, sifat serta interaksinya dengan peserta, ini karena tak menutup kemungkinan bahwa nantinya seorang pelatih akan bisa menjadi tempat ungkapan curhat yang paling dipercaya oleh peserta outbound yang mengalami permasalahan khusus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.